Categories
Kesehatan Mulut

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Manfaat Chia Seed Menyaksikan jumlahnya gizi yang terdapat pada chia seed, karena itu tidaklah aneh bila biji ini datangkan banyak faedah untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Faedah chia seed yang dapat Bumil dapatkan diantaranya:

1. Menahan sembelit
Sembelit pada ibu hamil adalah hal yang biasa berlangsung. Bila didiamkan, sembelit makin lama bisa mengakibatkan Bumil alami asam lambung naik dan wasir. Untuk menghindarinya, Bumil dapat teratur konsumsi chia seed. Manfaat Chia Seed

Dalam 2 sdm chia seed, terdapat seputar 8 gr serat. Jumlah ini telah penuhi seputar 30% keperluan harian serat yang direferensikan untuk ibu hamil. Memenuhi keperluan serat sepanjang hamil akan menolong memperlancar pencernaan, hingga sembelit juga dapat dijauhi. Manfaat Chia Seed

2. Menahan anemia
Saat hamil, jumlah zat besi yang dibutuhkan badan makin bertambah 2 kali lipat. Bila konsumsi ini tidak terpenuhi, Bumil dapat alami tanda-tanda anemia yang mencakup pusing, capek, dan tidak tambah energi. Nah, Bumil dapat memperoleh konsumsi zat besi dari chia seed.

Dalam 2 sdm chia seed terdapat seputar 2 mg zat besi. Jumlah ini telah penuhi 11% dari konsumsi harian ibu hamil. Kecuali menahan anemia, mencukup zat besi penting juga untuk menolong memperlancar saluran oksigen ke janin.

3. Memberikan dukungan pembangunan tulang dan gigi janin
Chia seed kaya kalsium. Dua sendok makan chia seed saja telah penuhi 15% keperluan kalsium harian Bumil. Gizi ini penting untuk pembangunan tulang dan gigi janin, dan menolong jantung, saraf, dan otot janin berkembang dengan maksimal.
Selain itu, memenuhi keperluan kalsium waktu hamil kurangi resiko Bumil alami preeklamsia, kelahiran prematur, dan perdarahan saat persalinan.
4. Memberikan dukungan perkembangan dan perubahan otak janin
Chia seed memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 (ALA) yang lumayan tinggi. Ke-2 gizi itu mempunyai peranan besar dalam memberikan dukungan perubahan otak dan saraf janin. Dengan demikian, kesempatan Bumil untuk melahirkan bayi pandai akan makin tinggi.
Kecuali faedah yang sudah disebut sebelumnya, konsumsi chia seed bisa juga membuat badan Bumil semakin berenergi dan menolong jaga kandungan gula darah masih normal supaya terlepas dari diabetes gestasional.
Bumil, Cermati Dampak Samping Konsumsi Chia Seed secara Terlalu berlebih
Bukanlah berguna, chia seed yang dimakan terlalu berlebih malah bisa memunculkan efek, lho. Chia seed adalah makanan memiliki serat tinggi. Jadi, kebanyakan mengkonsumsinya bisa membuat perut jadi tidak nyaman dan tingkatkan resiko Bumil alami diare.
Bila Bumil sedang konsumsi obat untuk mengatur kandungan gula darah, seharusnya bahas sama dokter lebih dulu saat sebelum makan chia seed, sebab dicemaskan bisa memunculkan hubungan obat yang malah mengusik ketidakstabilan kandungan gula darah Bumil