Categories
Kesehatan Mulut

Pertolongan Pertama untuk Orang yang Tersedak

Pertolongan Pertama untuk Jika orang yang terselak jadi tidak sadarkan diri atau mungkin tidak sadar diri sesudah dikerjakan Heimlich maneuver, baringkan dia dalam status terlentang dan selekasnya meminta kontribusi klinis atau panggil ambulans dari rumah sakit paling dekat.

Sekalian menanti petugas klinis datang, kerjakan resusitasi jantung paru (CPR) untuk buka jalan napasnya. Pertolongan Pertama untuk

2. Heimlich maneuver untuk ibu hamil atau pasien kegemukan
Proses Heimlich maneuver pada ibu hamil atau pasien kegemukan hampir serupa sama orang biasa. Perbedannya cuman pada status melingkarkan dan menempatkan kepala tangan Anda. Pertolongan Pertama untuk

Ke orang hamil atau kegemukan, Anda harus melingkarkan dan menempatkan kepalan tangan sedikit semakin tinggi, yakni di seputar tempat tulang dada atau payudaranya.

3. Heimlich maneuver untuk bayi
Untuk membantu bayi yang terselak, Anda bisa lakukan Heimlich maneuver dengan beberapa langkah berikut:
Duduk dan sanggah bayi dengan lengan Anda, lalu telungkupkan badannya pada salah satunya paha.
Statuskan kepala bayi lebih rendah dari punggungnya.
Jam punggungnya pelan-pelan dengan telapak tangan sekitar 5 kali.
Bila benda asing yang menghalangi jalan napas bayi tidak keluar, statuskan bayi pada kondisi terlentang. Upayakan supaya kepalanya lebih rendah dari badannya.
Tempatkan 2 jemari Anda di tengah-tengah tulang dadanya dan pencet secara cepat sekitar 5 kali.
Ulang pukulan di punggung dan desakan di dada sampai benda keluar dari kerongkongan dan bayi bisa bernapas atau batuk-batuk.
4. Heimlich maneuver untuk diri kita
Tidak cuman dikerjakan untuk seseorang, Heimlich maneuver bisa juga dikerjakan waktu diri kita terselak. Bila Anda terselak, kerjakan Heimlich maneuver secara berdikari dengan langkah-langkah berikut:
Kepalkan tangan Anda dan tempatkan sedikit di atas pusar.
Dorong kepalan tangan ke dalam perut dan gerakkan ke atas sekitar 5 kali atau sampai benda yang terlibat keluar dari kerongkongan.
Anda bisa juga memakai punggung bangku untuk mendesak perut.
Bila Heimlich maneuver sukses dikerjakan untuk menangani keadaan terselak, Anda atau orang yang terselak perlu tetap mengontak ambulans dan memperoleh bantuan klinis dari dokter. Ini perlu dikerjakan untuk pastikan tidak ada benda asing yang ketinggalan di jalan napas.
Jika masih mempunyai pertanyaan mengenai langkah lakukan Heimlich maneuver atau masih bimbang untuk melakukan, Anda dapat konsultasi ke dokter.