Categories
Hidup Sehat

Xeroderma Pigmentosum Penyakit Kulit Sensitif terhadap Sinar Matahari

Xeroderma Pigmentosum Penyakit Xeroderma pigmentosum biasanya berasal dari perubahan pada gen yang mengakibatkan terhambatnya rutinitas pembaruan DNA yang hancur. Ada perubahan gen itu membuat badan tidak sanggup membenahi atau gantikan DNA yang hancur karena paparan radiasi cahaya matahari.

Minimal ada 8 tipe perubahan gen yang bisa mengakibatkan xeroderma pigmentosum. Tetapi, yang terbanyak diketemukan ialah perubahan pada gen XPC, ERCC2, dan POLH. Xeroderma Pigmentosum Penyakit

Abnormalitas kulit sangat jarang ini umumnya di turunkan dari orangtua pada anak secara autosomal resesif. Berarti, walau orangtua tidak ada yang alami xeroderma pigmentosum, jika ke-2 nya mempunyai perubahan pada gen di atas, resiko anak terserang penyakit ini ialah 25% pada tiap kehamilan. v

Tanda-tanda Xeroderma Pigmentosum
Tanda-tanda xeroderma pigmentosum umumnya dapat teridentifikasi selama saat bayi atau di tiga tahun pertama kehidupan. Gejala-gejala xeroderma pigmentosum yang harus dipahami ialah:

Tanda-tanda di kulit
Munculnya bercak-bercak pada tempat kulit bayi atau balita yang terserang cahaya matahari adalah sinyal umum dari xeroderma pigmentosum. Sinyal itu dapat mencakup muka, leher, lengan, dan kaki.

Sinyal yang lain yang dapat berlangsung ialah perombakan pigmentasi yang mengakibatkan munculnya bintik kulit yang paling gelap (hiperpigmentasi) atau bintik kulit yang paling jelas (hipopigmentasi) dibanding dengan warna kulit sekelilingnya.
Sampai sekarang, tidak ada obat yang bisa mengobati penyakit xeroderma pigmentosum. Bermacam penyembuhan yang diberi oleh dokter cuman mempunyai tujuan untuk kurangi tanda-tanda dan menahan berlangsungnya kompleksitas.
Menjauhi dari paparan cahaya matahari ialah cara paling efisien. Tetapi, mustahil pasien xeroderma pigmentosum harus diam dalam ruang sehari-harinya. Oleh karenanya, gaya hidup setiap hari pasien harus diubah, supaya rutinitasnya dapat bersambung tiada jadi parah keadaannya.
Disamping itu, lakukan pengecekan kulit dan mata secara teratur adalah poin utama yang jangan dilalaikan. Ini akan menolong dalam menyembuhkan tanda-tanda yang muncul, dan mengenali dan hilangkan perkembangan kanker secara awal, baik di kulit atau mata.
Dengan jalani bermacam panduan seperti pada atas, pasien xeroderma pigmentosum diinginkan masih dapat memperoleh kualitas hidup yang bagus, walau ada banyak kebatasan.
Jika Anda atau anak Anda alami xeroderma pigmentosum dan memerlukan keterangan selanjutnya, jangan sangsi untuk konsultasi sama dokter kulit buat mendapatkan anjuran penyembuhan yang terhebat dalam mengatur penyakit ini.