Categories
Olahraga

Ini Manfaat dan Bahaya Ikan Mujair yang Perlu Anda Ketahui

Ini Manfaat dan Bahaya Walau mempunyai gizi yang bagus, konsumsi ikan mujair akhir-akhir ini dicemaskan bisa berbahaya untuk kesehatan. Saat sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya kita pahami faedah dan bahaya ikan mujair lebih dulu. Berikut keterangan selengkapnya:

Faedah Ikan Mujair
Faedah ikan mujair dapat Anda peroleh dari bermacam gizi yang terdapat didalamnya. Dalam 1 ekor ikan mujair, ada seputar 128 kalori. Disamping itu, ikan mujair memiliki kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan. Di bawah ini ialah beberapa gizi dalam ikan mujair dan faedahnya untuk kesehatan: Ini Manfaat dan Bahaya

Protein
Ikan mujair adalah sumber protein yang baik sekali, bahkan juga tidak kalah dari salmon atau tuna. Dalam 1 ekor ikan mujair, ada seputar 26 gr protein. Kandung protein yang tinggi dalam ikan ini berguna untuk: Ini Manfaat dan Bahaya

Sumber energi
Jaga berat tubuh normal
Mempertahankan kesehatan tulang
Tingkatkan massa dan kemampuan otot
Selenium

Kecuali protein, ikan mujair memiliki kandungan selenium yang tinggi. Bahkan juga, konsumsi seekor ikan mujair bisa penuhi 78% keperluan selenium harian badan. Selenium yang terdapat dalam ikan mujair berguna untuk:

Tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh
Jaga peranan kelenjar tiroid
Kurangi resiko penyakit kanker
Kurangi resiko penyakit jantung
Mengulas Berita Bahaya Ikan Mujair berkaitan Kandung Lemaknya

Ikan mujair memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 (lemak tidak jemu). Tetapi, kandung asam lemak omega-6 dalam ikan mujair semakin tinggi dibanding kandung omega-3-nya.

Kesetidakimbangan kandungan ke-2 asam lemak berikut sebagai salah satunya pemicu timbulnya pembicaraan jika ikan mujair bisa berbahaya untuk kesehatan.

Kandung omega-3 dalam ikan mujair telah dikenali bisa bawa banyak faedah untuk kesehatan, diantaranya:

Mempertahankan kesehatan jantung
Mempertahankan kesehatan psikis
Kurangi perlemakan hati
Menantang infeksi.

Di sisi lain, asam lemak omega-6 dipandang kurang sehat bila dibanding dengan omega-3. Ini sebab konsumsi asam lemak omega-6 terlalu berlebih yang tidak disertai dengan omega-3 yang cukup disebutkan bisa tingkatkan resiko berlangsungnya infeksi yang memacu penyakit akut, seperti penyakit jantung.
Jadi, cara yang penting diambil bukan menghindar asam lemak omega-6, tetapi menambahkan konsumsi asam lemak omega-3. Anda dapat lengkapi konsumsi ikan mujair dengan tipe makanan yang lain kaya omega-3, seperti almond dan chia seed.
Dengan begitu, lepas dari bukti jika ikan mujair memiliki kandungan omega-6 yang semakin tinggi dari omega-3-nya, ikan ini masih adalah sumber gizi yang sehatkan.
Bahaya Ikan Mujair yang Perlu Dicurigai
Ikan mujair adalah ikan budidaya air tawar yang harga relatif murah. Untuk mendesak ongkos budidaya ikan mujair, ada beberapa peternak ikan yang memakai kotoran hewan atau bahkan juga manusia selaku makanan untuk ikan mujair yang lagi dibudidayakan.
Konsumsi ikan budidaya yang dikasih makan kotoran hewan bisa tingkatkan resiko Anda menanggung derita penyakit yang disebarkan melalui makanan. Masalahnya dalam kotoran hewan atau manusia ada bermacam bakteri yang dapat berbahaya untuk kesehatan, seperti bakteri Salmonella typhosa yang mengakibatkan demam tifoid.
Walau begitu, bukan bermakna Anda tidak dapat konsumsi ikan mujair sama sekalipun. Pada umumnya, konsumsi ikan yang direferensikan ialah 2–3 jatah per minggu, di mana 1 jatah ikan sama dengan 1 telapak tangan Anda. Tetapi, untuk berjaga-jaga, yakinkan ikan mujair berawal dari tempat budidaya yang paling dipercaya.