Categories
Kesehatan Mulut

5 Masalah yang Sering Dialami Ibu Menyusui

5 Masalah yang Walaupun adalah peristiwa yang mengagumkan dan membahagiakan, beberapa ibu menyusui malah alami kendala dan rintangan saat menyusui bayi mereka. Nah, di bawah ini ialah bermacam permasalahan umum yang kerap dirasakan oleh ibu menyusui:

1. Sakit saat menyusui
Apa Bunda rasakan ngilu waktu menyusui? Jika iya, Bunda tidak sendirian. Ini biasanya dirasakan oleh sebagian besar ibu menyusui, khususnya di pertama kalinya ASI keluar. Tetapi, jika ngilu ini berjalan terus-terusan, kemungkinan ada permasalahan pada langkah menyusui atau pada payudara Bunda. 5 Masalah yang

Pelekatan mulut bayi yang tidak cocok waktu menyusui ialah pemicu sakit waktu menyusui yang tersering berlangsung dan perlu langsung diperbaiki. Kecuali Bunda akan kesakitan, Sang Kecil bisa juga tidak memperoleh ASI seperti yang dia perlukan.

2. Puting cedera dan lecet
Permasalahan seterusnya yang kerap dirasakan oleh ibu menyusui ialah puting cedera dan lecet. Puting bisa juga jadi pecah-pecah, bahkan juga berdarah. Umumnya, ini berlangsung di minggu-minggu pertama menyusui bayi.

Puting yang cedera dan lecet dapat memunculkan rasa perih yang tidak tertahan, ingat puting sendiri ialah sisi payudara yang paling peka. Biasanya, ini akan sembuh sendiri dan pada akhirnya Bunda dapat menyusui Sang Kecil dengan hati tenang dan nyaman.

3. ASI sedikit atau kebanyakan
Sesungguhnya, makin kerap Bunda menyusui, makin banyak juga produksi ASI oleh payudara. Tetapi, beberapa ibu menyusui menyalahkan mempunyai ASI yang sedikit, walaupun sudah lakukan bermacam langkah untuk tingkatkan suplai ASI.
Di lain sisi, beberapa ibu menyusui malah menyalahkan mempunyai ASI yang banyak, lho. Kenyataannya, ASI kebanyakan bisa juga memunculkan permasalahan. Bila tidak dikeluarkan, ASI yang membendung di payudara malah bisa memacu mastitis.
4. Payudara lebam
Biasanya, bayi baru lahir akan kerap menyusu tiap 2–3 jam. Tetapi, beberapa bayi malah terus akan tidur dan terjaga jika perutnya betul-betul kosong atau berasa lapar. Nah, waktu bayi lelap tidur, banyak ibu yang tidak tega untuk menggugah mereka. Walau sebenarnya, agenda menyusui sudah datang.
Akhirnya, ASI yang tidak selekasnya dikeluarkan itu akan menimbun dan mengakibatkan payudara jadi lebam. Bila tidak selekasnya ditangani, ASI yang menimbun akan membuat saluran ASI mampet dan memunculkan infeksi payudara.
5. Puting datar
Umumnya, puting akan mencolok menuju luar saat ibu mulai menyusui. Tetapi, beberapa ibu mempunyai puting yang datar atau agak miring. Ini dapat mempersulitnya bayi untuk menyusu.
Bila puting Bunda datar, Bunda dapat menggunakan alat tolong nipple shield yang memiliki bentuk seperti payudara, hingga ASI lebih gampang diisap Sang Kecil. Dengan demikian, keperluan ASI Sang Kecil masih terpenuhi secara baik.
Beberapa masalah menyusui di atas dapat dirasakan oleh siapa, baik ibu baru atau ibu yang pernah mempunyai bayi awalnya. Nah, beda keluh kesah, karena itu beda juga pengatasannya. Jadi, Bunda tidak dapat menginginkan satu perawatan saja dapat menangani seluruh permasalahan.